Assalamualaikum
Hari ini hari ke 3 dari Tantangan 10 hari
Hari ini banyak komunikasi yang terjadi dengan anak-anak
Karena anak-anak sudah bangun dari sahur
Emak nemenin mas & adek yang lagi asyik main lego & masak2an
Emak hanya membantu memperhatikan,menjawab jika mas bertanya ttg step berikutnya dlm merangkai legonya.
Yuup mas suka sekali main lego, kalau keluar jalan-jalan pasti pajak lego 1.
Kali ini lagi ada diskon beli 1 gratis 2 hihihihi
Dalam komunikasi produktif dengan metode ini sebenarnya emak ga bisa hanya cuma pake satu metode karena pada kenyataannya pasti metode itu terhubung & di dukung oleh metode2 yang lain.
Seperti halnya saat menemani merangkai lego,saat2 terakhir Lego hampir selesai adek udah heboh pengen main ma Lego nya mas.
Untuk menghindari Lego itu hancur karena di buat rebutan akhirnya mas di minta emak untuk segera menyelesaikan Lego orangnya tp tanpa sadar emak terbawa emosi karena mas yang tdk bisa lekas , keluar deh emosi yang mengakibatkan intonasi & suara yang tidak ramah.
"Mau mau" rengek adek
"Nanti dulu dek belum selesai"cegah mas
"Mas segera di selesaikan!!"ucap Mama
"Tunggu Mama jangan buru-buru" jawab mas
"Mas buruan di tempel stiker & selesaikan" perintah Mama dengan keras
Niatnya hanya penekanan tp karena bercampur dengan kondisi yang tidak bisa di kendalikan jd suara yang tidak ramah.
"Mama kenapa sih marah-marah" tegur mas
Astagfirullah emak tersadar jika sedikit emosional.
Seketika istighfar dan meminta maaf kepada anak
Dan tanpa saya sadari kata2 yang biasa saya pakai pun melekat pada anak.
Untuk menghasilkan suara yang ramah,kita juga harus mengendalikan emosi kita.
Berbeda dengan adek,,saat adek di beri informasi Oleh mas ataupun emak saat ingin meraih Lego ,adek dengan baik menangkap & menjalankan informasi yang di sampaikan
"Adek duduknya mundur" pinta mama
Adek mundur satu langkah
"Adek mundur lagi" pinta mas lagi
adek pun mundur selangkah lagi
Dan karena sudah dapat mengikuti informasi dengan baik
Mama & mas memberi tepuk tangan dan kecupan karena berhasil mengikuti arahan kami
✓Hal menarik apa saja yang di peroleh ketika mempraktekkan poin tersebut dalam komunikasi sehari hari dengan keluarga?
• saya harus bisa mengendalikan emosi saat sedang berkomunikasi dengan anak agar intonasi & suara yang ramah ttp terjaga meski komunikasi yang terjalin dlm bentuk penekanan (teguran,perintah)
• lebih selektif dalam pemilihan kata saat berkomunikasi dengan anak agar kata/kalimat yang di tangkap oleh anak berbentuk positif sehingga dapat di terjemahkan & di jalankan dengan baik
• lebih memahami kondisi saat terjadi komunikasi produktif
✓Perubahan apa yang anda buat hari ini dalam berkomunikasi?
• Lebih bisa mengendalikan emosi meski belum lebih baik semoga lebih baik lagi agar intonasi & suara yang ramah dapat lebih tercipta lagi
• dapat menahan diri untuk memberikan informasi yang singkat kepada adek & lbh bersabar saat adek mulai tidak mau menjalankan informasi tersebut
#level 1
#day3
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kelasbunsayiip
Tidak ada komentar:
Posting Komentar